Bola Liar Proyek BBR Menggelinding, Kadis Sosial “Bungkam”

foto Bahan Bantuan Rumah yang diterima warga Kelurahan Padoang Doangan

GRASINEWS.COM, PANGKEP – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Grasi, berjanji akan mengungkap siapa aktor intelektual terkait pengadaan Bantuan Bahan Rumah (BBR) dari Dinas Sosial yang diduga perencanaan sampai pelaksanaan proyek tersebut tidak sesuai prosedur dan menyalahi Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Ketua Dewan Pendiri LSM GRASI Sofyan Panca Putra, SH.MH., Mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya sempat turun kelapangan untuk memantau proyek tersebut dan melakukan komunikasi dengan  Kepala Desa yang ada di Kecamatan Tondong Tallasa.

Dari hasil temuannya di tiga Kecamatan yakni, Kecamatan Labakkang, Bungoro dan Kecamatan Pangkajene, ditemukan kualitas dan volume fisik bahan bantuan rumah yang diserahkan pada warga penerima dinilai tidak sesuai bila dicocokkan dengan data yang diberikan oleh Dinas Sosial, dan hasil komunikasi dengan Kepala Desa di Kecamatan Tondong Tallasa. Informasinya bantuan belum diterima oleh warganya.

Lebih lanjut, Sofyan mengaku sudah beberapa kali mencoba berkomunikasi dengan Kadis Sosial yang juga sebagai PPK dalam proyek tersebut, namun sampai sekarang ibu Kadis masih menutup diri dan terkesan “bungkam” atas persoalan ini.

Sofyan mengatakan, proyek tersebut diduga sarat dengan permainan, anggaran senilai 1,170 Milyar yang sumber dananya dari APBD TA. 2018 dalam satu paket dipecah-pecah dan diberikan kepada tujuh perusahaan rekanan.

Kuat dugaan proyek ini sarat dengan rekayasa modus pecah belah paket untuk menghindari tender, dan juga untuk mengakomodir kepentingan pihak-pihak tertentu.

Terlebih lagi ditemukan informasi dari sumber yang layak dipercaya nama oknum anggota DPRD disebut-sebut mendapat jatah paket dari proyek ini. ujar Sofyan.

Saat kami mencoba menanyakan identitas oknum anggota DPRD yang dimaksud, Advokat muda asal Pangkep ini hanya tersenyum dan mengatakan, “sabar bro Belanda masih jauh”.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Hj. Najemiah, Sp. yang kami hubungi melalui sambungan telepon untuk menayakan terkait adanya temuan dari LSM, namun sayangnya saat berita ini diturunkan, beliau belum menjawab telepon kami.

(RP).

Related posts

Leave a Comment